Minggu, 27 Juli 2008

Aspek-Aspek Negosiasi Agribisnis

ASPEK-ASPEK NEGOSIASI DAN TRANSAKSI AGRIBISNIS
Oleh ;Adrizal Noer, S.H.,M.M. I.
PENDAHULUAN Selama krisis ekonomi yang berawal pada pertengahan tahun 1997, sektor agribisnis secara nyata telah mampu menjadi stabilizer perekonomian di Indonesia. Hal ini terbukti masih tetapnya usaha-usaha agribisnis berproduksi, terutama usaha menengah dan usaha kecil. Meskipun demikian, pengembangan usaha kecil juga mengalami berbagai permasalahan seperti : [1] kesulitan mendapatkan modal yang cukup, [2] kekurangan pengetahan di bidang agribisnis, [3] kelemahan dalam pengelolaan atau manajemen usaha, [4] kekurangan dalam perencanaan usaha, [5] kekurangan dalam pengalaman berusaha, [6] kekurangan pengetahuaan dan ketrampilan teknis bidang usaha yang dilakukan. Dengan kata lain, titik berat persoalan usaha kecil adalah sedikitnya pengusaha kecil yang memiliki jiwa wirausaha. Kewirausahaan adalah jiwa, sehingga kurang tepat jika dikatakan pengembangan kewirausahaan agribisnis dan usaha kecil. Kewirausahaan adalah kemampuan dalam melihat atau menilai kesempatan di peluang bisnis serta kemampuan mengoptimalkan sumberdaya dan mengambil tindakan yang beresiko tinggi. Mungkin lebih tepat apabila dikatakan pengembangan agribisnis usaha kecil. Selama ini prospek bisnis ke depan, yang berkaitan dengan kontrak/transaksi, cenderung memerlukan kemitraan dalam kaitannya antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil. Kemitraan ini tidak hanya di budidaya, tetapi juga di bagian pembibitan dan pengolahan. Kegiatan hulu sampai dengan kegiatan hilir ini dapat saling dimanfaatkan. Bagi agribisnis baik petani, maupun pengusaha kecil dalam menjalankan usahanya, mempunyai karakteristik, berupa harga dan pasar hasil petani tidak dapat dipengaruhi oleh produser secara sendiri-sendiri tapi harus dihadapi oleh agribisnis secara keseluruhan. Untuk mendpatkan kesepakatan bersama ini tidak mudah tapi kelompok sekaligus bisa mempengaruhi harga dan pasar, sehingga semua produser baik yang masuk kelompok atau tidak akan merasakan hasilnya. Kemudian akan banyak para produser untuk menanamkan produknya lebih luas dan produser yang tadinya tidak menanam produk tersebut akan tertarik pula untuk menanam produk yang sama, sehingga pada akhirnya persediaan produk berlebih serta harga dan pasar akan turun. II. NEGOSIASI Negosiasi adalah pertemuan antara dua orang atau kubu yang masing-masing berada di posisi yang sesuai dengan kepentingan masing-masing dan berakhir untuk mendapatkan kepuasaan yang diharapkan. Kedua pihak setelah berada dalam posisi yang berlawanan diteruskan dengan duduk bersama menuju kesatu arah guna menyelesaikan hasil negosiasi. Dengan demikian negosiasi adalah metode untuk mencapai perjanjian yang dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-lemen kerjasama dan kompetisi. Oleh karena negosiasi adalah metode maka hal ini dapat didekati dengan sistematis menurut langkah-langkah tertentu. Kerjasama dan kompetisi dalam bisnis adalah hal yang harus dijaga oleh semua pihak, karena permasalahannya terletak pada kemamampuan seseorang bisnis untuk menggunakan elemen kerjasama dan kompetisi tersebut. Tiga perkiraan kondisi yang akan menentukan apakah negosiasi dibutuhkan atau tidak, yaitu :1) Adanya konflik kepentingan,Misalnya bila satu pihak menginginkan harga lebih tinggi dan pihak lain menghendaki harga lebih rendah, dan lain sebagainya2) Masih adanya berbagai cara pemuasan kepentingan kedua belah pihak,Misalnya bila harga belum ditetapkan secara pasti di mana masih ada kemungkinan harga untuk dinegosiasikan3) Adanya peluang untuk kompromi,Misal, tercapainya kesepakatan harga yang jelas bagi semua pihak diantara batas minimum bagi penjual atau batas maksimum bagi pembeli. Maka dari itu maka prasyarat yang diperlukan untuk melakukan negosiasi : [1] ada isu yang jelas dari pihak-pihak berkepentingan dan yang perlu dinegosiasikan, [2] ada kemauan untuk mengambil dan memberi, [3] ada kepercayaan satu sama lain, [4] setiap pelaku negosiasi mempunyai wewenang yang cukup untuk mengikat. Tahap awal proses negosiasi adalah ? Menentukan kondisi para pelaku negosiasi, misalnya [a] para pelaku kenal dan saling menyegani satu sama lain serta pernah bertemu dalam suatu negosiasi, dan merasa puas, [b] para pelaku tidak kenal satu sama lain dan tidak kenal pribadi masing-masing? Menentukan taktik-taktik pembukaan yang sesuai dengan kondisi para pelaku dan situasi usaha yang dimiliki, misalnya pada kondisi [a] , taktik yang dilakukan dengan memberikan prakarsa positif, maka kalimat pembuka yang digunakan adalah " Bagaimana hasil yang telah kita negosiasikan tempo hari, atau bisa dengan kalimat lainnya". Sedangkan pada kondisi [b], taktik yang dilakukan berupa keras dan positif, maka kalimat pembukanya adalah "Bagaimana pertandingan sepak bola yang bisa berlangsung dengan bamyak sekali penontonnya… tunggu jawaban pihak lawan".? Memilih kiat permainan negosiasi yang tepat dengan kondisi pembicaraan yang sedang dilakukan dalam negosiasi sangat tergantung dengan kepekaan tim, terutama ketua tim. Contoh kiat permainan : bertanya mengapa…bagaimana…., pura-pura, ya.. sanggup, kurang wewenang, bagaimana, jika….. dan sebagainya. Setelah semua hal diatas dilakukan maka tahap akhir dari negosiasi adalah penyusunan kontrak kerja. III. TRANSAKSI Transaksi atau yang biasa disebut kontrak, ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai kesepakatan komersial diantara pihak-pihak yang melakukan perdagangan/ negosiasi kontrak domestik. Dimana dalam kontrak tersebut kita harus mempertimbangkan kontrol mutu, kesesuaian dengan peraturan pemerintah, perlindungan hak milik intelektual, dan penyelesaian sengketa. Dalam pengertian yang luas, kontrak adalah kesepakatan yang mendefinisikan hubungan antara dua pihak atau lebih. Kontrak ini bisa bersifat lisan atau tertulis. Persyaratan kontrak tertulis bisa berupa memo, sertifikat, atau kuitansi. Pihak - Pihak yang Bertransaksi Transaksi jual beli terjadi antara dua pihak, yaitu penjual dan pembeli. Terkadang dalam transaksi ini masing-masing pihak terdiri dari beberapa individu yang bergabung untuk membeli atau menjual barang. Oleh karena itu, dalam transaksi bukan hanya melibatkan masing-masing pihak sebagai keseluruhan, tetapi jjuga kepentingan pihak-pihak individual yang bergabung dan kemudian melebur menjadi satu kepentingan tunggal dalam kontrak. Dengan demikian, untuk tujuan kontrak, terdapat seorang penjual dan seorang pembeli. Pembeli sebagai pihak konsumen, mengkonsumsi barang atau jasa sebagai imbalan atas kompensasi yang diberikan kepada penjual. Hal ini sesuai dengan tujuannya yaitu untuk memperoleh kualitas yang sebaik-baiknya dan kuantitas sebanyak-banyaknya dengan biaya sekecil-kecilnya. Penjual adalah individu atau badan usaha yang meletakkan barang atau jasa dalam rantai konsumsi dan sebagai imbalannya menerima kompensasi. Tujuan penjual adalah untuk mendapatkan harga terbaik dengan tetap mempertahankan biaya produksi dan distribusi tetap minimal. Untuk memperoleh keuntungan, seorang penjual harus memahami pasar barang atau jasa yang ditawarkan, tetapi faktor pasokan dan permintaan jjuga sangat menentukan. Selain itu seorang penjual harus juga bisa mempromosikan kualitas dan kelebihan barang dan jasa untuk menentukan harga sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya dengan mengurangkan, paling tidak sebagian biaya pengiriman agar transaksi yang anda tawarkan menarik. Hal ini akan menguntungkan anda, karena akan memperoleh pengakuan –yang melempangkan jalan meningkatnya goodwill dan penjualan.-, jika anda mampu menawarkan pelayanan pelanggan bermutu tinggi. Jika anda ingin melakukkan suatu kontrak atas negosiasi yang telah terjadi, maka harus memperhatikan empat isu dasar dalam kontrak yaitu, [a] deskripsi barang dalam hal jenis, kualitas, kuantitas, [b] waktu pengirman, [c] harga, [d] waktu dan cara pembayaran. Untuk sebuah penjualan yang benilai kecil dan satu kali, sebuah faktur atau kontrak sederhana sudah cukup memadai. Dan ini memang merupakan bentuk hubungan komersial yang paling umum. Pembeli membuat atau menawarkan satu atau lebih produk dan berhubungan dengan sejumlah pembeli. Pembeli tidak memiliki hak eksklusif untuk membeli produk-produk tersebut. Untuk kontrak bisnis yang melibatkan banyak pihak atau sifatnya berkelanjutan, kontrak tertulis resmi lebih memadai untuk mendefinsikan hak, tanggung jawab, dan kewajiban semua pihak. Dalam hal ini kami akan memberikan contoh kontrak yang sederhana ; 1. PENAWARAN PENJUALAN BARANG (BAGIAN DEPAN)[[Kop surat perusahaan penjual][Tanggal ][Nama perusahaan pembeli][Alamat pembeli][Sebutkan nama barang yang akan dijual]Yth. Bapak/ Ibu Terima kasih kami ucapkan atas komentar anda mengenai pembelanjaan dari [sebutkan nama barang]. Kami akan memberikan harga kompetitif, yaitu [mata uang dan jumlahnya]. Dengan jumlah minimum pesanan [jumlah dan unitnya]Perlu diperhatikan bahwa penerimaan kami terhadap pesanan anda akan menjadi persoalan pokok terhadap suatu kondisi akhir pada sebalik surat ini. Juga pesanan anda tidak menjadi sebuah ikatan kontrak antara kita. Setelah kami menentukan pesanan anda, kami akan mengkonfirmasikan dalam penulisan penerimaan kami, pada waktu kami akan melakukan sebuah ikatan dengan anda. Kami akan mengantarkan barang-barang pesanan anda ke alamat anda seperti yang tertulis, kecuali anda menyebutkan alamat yang berbeda pada pesanan anda. Pengiriman paling lambat [jumlah] hari dari tanda terima pesanan anda, kecuali kami akan menkonfirmasikan sebaliknya pada anda. Bentuk pengiriman seperti yang disebutkan [jelaskan]. Jika kami tidak menerima sebuah pesanan dari anda pada [ tanggal], pesanan ini akan ditarik kembali. Kami akan mencari informasi dari anda. SURAT PENAWARAN (SISI BALIK SURAT)KONDISI BARANG YANG DITAWARKAN1.Kondisi perubahan2.Waktu pengiriman yang disepakati (tanggal)3.Harga jual4.Tidak ada jaminan5.Barang yang cacat6.Pemberitahuan dari kerusakan, kekurangan , atau kehilangan jumlah barang7. Surat ijin dan bahan baku 2. MEMORANDUM JUAL BELI [Kepala surat penjual][Tanggal][Nama Perusahaan pembeli][Alamat pembeli] Kami mengkonfirmasikan barang pesanan yang diterima pada [tanggal ] terhadap barang-barang, yaitu ;[Daftar barang, mencakup kuantitas, jenis, model, warna, dan lain-lain yang mengidentifikasi karakteristik. Jika barang memiliki harga yang berbeda-beda, cantumkan harganya perjenis barang dan jumlah harga keseluruhan barang yang dipesan] Persyaratan dari pesanan barang sebagai berikut :Tanggal pengiriman ; pada saat atau sebelumHarga : Total [jumlahnya]Pembayaran Penerimaan bersih dari : [nama barang/nomor faktur] [mata uang/jumlahnya] Kebijakan pengembalian :Jika barang yang ada tidak sesuai dengan keinginan anda, barang tersebut boleh ditukarkan pada kami, paling lambat 10 hari kerja dari penerimaan barang untuk pengembalian uang secara penuh.Tanda tangan anda dibawah ini akan menjadi sebuah ikatan kontrak antara kita [Nama perusahaan penjual]oleh[Tanda tangan][Nama dan jabatan penanda tangan][Alamat perusahaan] Penerima[Nama perusahaan pembeli] oleh[Tanda tangan][Nama dan jabatan penanda tangan]Tanggal (Sumber Internet )

Tidak ada komentar: