Senin, 28 Juli 2008

GCG MELALUI CORPORATE CULTURE

GCG MELALUI CORPORATE CULTURE
(Artikel ini telah dimuat di Harian BATAMPOS,
Edisi Selasa, 16 Januari 2007, Rubrik “Opini”)
Oleh: Muh Arief Effendi *)
Akhir-akhir ini masalah budaya perusahaan (corporate culture) banyak mendapatkan sorotan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya penurunan kinerja yang terjadi di berbagai perusahaan. Budaya perusahaan adalah kumpulan nilai-nilai (values) dan unsur-unsur yang menentukan identitas dan perilaku suatu organisasi perusahaan. Budaya perusahaan merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam visi dan misi perusahaan. Budaya perusahaan bukan hanya sekedar “buku pintar” yang tersimpan dalam laci atau rak-rak buku saja, namun perlu diaplikasikan dalam operasi perusahaan sehari-hari (day to day operation). Sukses tidaknya suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya memang tidak terlepas dari budaya perusahaan yang dimilikinya. Oleh karena itu, budaya perusahaan perlu diaktualisasikan melalui penyusunan pedoman kebijakan (policy guidelines), sehingga diharapkan dapat memaksimalkan kontribusi seluruh anggota perusahaan didalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.Keberhasilan implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan perusahaan pada era globalisasi sangat tergantung adanya nilai-nilai budaya perusahaan yang dianut dan dipraktekkan dilingkungan perusahaan. Saat ini budaya perusahaan telah menjadi tema sentral dalam pengembangan perusahaan, terutama menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu budaya perusahaan merupakan prinsip dasar (basic principle) dalam pengembangan perusahaan untuk meningkatkan keunggulan komparatif (comparative advantage) dan daya saing perusahaan.Djoko Santoso Moeljono (2005) dalam bukunya “Good Corporate Culture sebagai inti dari GCG” menyatakan bahwa sebelum perusahaan menerapkan GCG sebaiknya perusahaan menerapkan terlebih dahulu nilai-nilai yang terkandung dalam Corporate Culture yang dianutnya. Selain itu, mantan CEO Bank BRI tersebut, juga menyatakan bahwa GCG dapat berjalan apabila individu-individu dalam perusahaan secara internal mempunyai sistem nilai (value system) yang mendorong mereka untuk menerima, mendukung dan melaksanakan GCG. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan beberapa perusahaan kelas dunia (world class company) maupun perusahaan multi nasional dalam menerapkan GCG setelah terlebih dahulu menjalankan dengan konsisten budaya perusahaan. Perusahaan yang dapat berkembang pesat dalam jangka panjang (sustainable company), ternyata semuanya memiliki budaya perusahaan yang kuat. Andrew E.B. Tani, konsultan SDM ternama, dalam majalah Warta Ekonomi edisi 11 (9 Juni 2006), menyatakan bahwa budaya perusahaan adalah sumber kekuatan perusahaan. Perusahaan yang memiliki budaya perusahaan yang kuat akan mampu bertahan melewati sejumlah tantangan yang muncul dalam berbagai masa, misalnya Procter & Gambler (P&G), IBM, Nokia dan General Electric (GE). Berikut ini beberapa falsafah yang dimiliki perusahaan kelas dunia yang dapat dijadikan contoh (benchmark), yaitu P&G terkenal dengan falsafah “Business integrity, fair treatment for employees”, IBM dengan “IBM means services” , Nokia lewat “connecting peoples”dan GE dengan falsafahnya “Progress is our most important product”.
PT. Astra International Tbk, jauh hari sebelum menerapkan GCG di perusahaan, ternyata telah memiliki nilai budaya yang disebut Catur Dharma. Teddy P. Rahmat saat menjadi CEO di Astra International pada awal tahun 1980-an, pernah mengatakan bahwa esensi budaya perusahaan adalah kepemimpinan. Beliau termasuk orang pertama yang menganggap perlu adanya budaya dan tata nilai, sekaligus yang ikut menjalankan dan mendorongnya. Hal ini merupakan satu cara untuk menciptakan budaya perusahaan yang sesuai sehingga dapat mendorong pengambilan keputusan serta mengendalikan tingkah laku dalam berbisnis.
Beberapa BUMN besar seperti PT Timah, PT Krakatau Steel dan PT PLN juga telah memiliki budaya perusahaan. Misalnya, PT Timah memiliki 3 (tiga) dasar pedoman yaitu Solidaritas, Keterbukaan dan Integritas. PT Timah yang awalnya hampir kolaps, dengan menjalankan budaya perusahaan secara konsisten, akhirnya bisa bangkit kembali menjadi perusahaan pertambangan kelas dunia (word class company)
Berbagai perusahaan telah menjalankan nilai-nilai budaya perusahaan yang telah dianutnya dalam aktivitas bisnis sehari-hari, seperti kerja keras, disiplin, integritas, pembelajar dll. Nilai kerja keras merupakan suatu usaha bersungguh-sungguh tanpa melakukan penundaan waktu, artinya pekerjaan yang bisa diselesaikan pada hari ini, akan diselesaikan pada hari ini juga. Selain itu pekerjaan dilakukan dengan berkonsentrasi penuh, sehingga bisa terhindar dari pemborosan (inefisiensi), baik waktu, tenaga, maupun biaya. Kerja keras memerlukan rasa percaya diri yang tinggi sehingga tidak cepat putus asa dan selalu memiliki semangat pantang menyerah. Nilai disiplin tidak hanya ditunjukkan datang tepat waktu atau tidak terlambat, namun juga menepati acara-acara rapat. Disiplin juga memiliki arti menepati janji yang telah disanggupi, menepati kesepakatan bersama, serta dapat dijadikan teladan yang baik. Nilai integritas ini ditunjukkan dari sikap yang secara konsisten menunjukkan kejujuran, kesesuaian antara perkataan dan tindakan serta penuh rasa tanggung jawab terhadap pengelolaan perusahaan. Nilai pembelajar ditunjukkan dari sikap untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bersedia menjalani pendidikan profesi berkelanjutan (PPL) sesuai bidang masing-masing. Seorang yang termasuk pembelajar biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bersedia berbagi pengetahuan (knowledge) dan pengalamannya serta menghargai pemikiran ( ide) baru dan hasil karya yang inovatif.
Hubungan antara GCG dan budaya perusahaan ternyata berbanding lurus. Implementasi GCG di perusahaan dapat berhasil dengan lancar dan sukses apabila didukung dengan internalisasi budaya perusahaan yang baik. Tanpa budaya perusahaan yang kuat dan dijalankan secara konsisten, maka implementasi GCG akan mengalami kesulitan bahkan bisa mengalami kegagalan. Semoga budaya perusahaan dapat benar-benar dipahami dan diaplikasikan oleh karyawan dan pimpinan perusahaan dalam kegiatan bisnis sehari-hari sehingga upaya untuk mewujudkan GCG bukan sekedar slogan namun menjadi kenyataan.***
*) Muh Arief Effendi SE MSi Ak QIA, bekerja sebagai internal auditor sebuah BUMN serta Dosen Luar Biasa di FE Universitas Trisakti, STIE Trisakti & FE Universitas Mercu Buana Jakarta.
( Sumber Internet )

Tidak ada komentar: